paypermails.com
genuinemails.com
readbud - get paid to read and rate articles

Rabu, 07 Juli 2010

Kampus Indonesia Diakui Dunia


148 perguruan tinggi dari Indonesia berhasil masuk katagori kampus terbaik dunia menurut lembaga pemeringkatan popularitas perguruan tinggi yang ada di internet.

Hasil pemeringkatan terbaru ini dirilis oleh lembaga 4 International Colleges and Universities (4ICU) terhadap 10 ribu perguruan tinggi yang ada di 200 negara.

Untuk mengukur tingkat popularitasnya di dunia maya, 4ICU menggunakan tiga parameter seperti Google PageRank, inbound link Yahoo, dan web traffic Alexa.

Dalam keterangannya, peringkat ini dirilis 4ICU untuk menggambarkan popularitas sebuah situs perguruan tinggi di dunia maya yang ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontribusinya dari perguruan tinggi terkait.

Selain 4ICU, pemeringkatan kampus terbaik di dunia maya juga diselenggarakan oleh lembaga Webometrics dan Jiatong. Namun Webometrics baru akan mengumumkan World Class University versinya pada akhir Juli 2010.

Sama seperti yang dilakukan Webometrics dan Jiatong, 4ICU juga memaparkan kiprah akademik perguruan tinggi di internet untuk menjadi parameter bagi publik, khususnya saat penerimaan mahasiswa baru.

Nah, berdasarkan data 4ICU, Selasa (6/7/2010), 10 dari 148 perguruan tinggi terbaik dari Indonesia versi dunia maya masih didominasi oleh sejumlah kampus ternama, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS).

Posisi empat besar masih dikuasai PTN seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Hanya tiga PTS yang mampu mengimbangi dominasi PTN pada pemeringkatan tersebut, yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Kristen Petra. Namun, baru Gunadarma satu-satunya PTS yang bisa menembus lima besar kampus terbaik dunia maya di Indonesia.

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Institut Teknologi Sepuluh November
  5. Universitas Gunadarma
  6. Universitas Bina Nusantara
  7. Universitas Kristen Petra
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Universitas Sumatera Utara
  10. Universitas Negeri Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar